photographer

Kanka Bono atau akrab dipanggil Bono lahir di Bandung pada tanggal 18 Oktober 1977. Berawal dari kebosanan terhadap kegiatan perkuliahan di Universitas Parahyangan pada Ilmu Komputer pada tahun 1996 dan Teknik Sipil pada tahun 1998, tanpa direncana Bono mengalihkan pelampiasan kegiatannya pada bidang desain grafis dan stage designer. Untuk mendukung itu, Bono menyelaraskan kedua bidang yang berhubungan era tersebut melalui musik dan fotografi.

Ketika ia mahasiswa, pada sore hari Bono seringkali berdiam diri di atap gedung kampus hanya untuk bersantai sambil mendengarkan musik Pink Floyd dengan Walkman pinjaman teman. Bono terpesona melihat pemandangan gunung Tangkuban Parahu dan Burangrang, hingga seketika tepikir olehnya untuk tidak menyia-nyiakan momen. Ia segera mengabadikan pemandangan itu, dengan meminjam kamera film buatan Rusia Zenith 500 dari salah seorang teman di Sekolah Menengah Atasnya. Disitulah Bono berawal jatuh cinta dan menyukai bidang fotografi.

Sejak saat itu keingintahuan dan kebutuhan Bono terhadap ilmu fotografi mengharuskan ia untuk menggali ilmu lebih dalam dengan bertanya dan berulang kali mencoba memotret. Seiring pengalaman demi pengalaman Bono semakin larut dan melangkah progresif dalam fotografi.

Pertemanan dengan Aqli, salah seorang teman sejak masih kuliah dan sering hunting bersama itu akhirnya menghantarkan Bono untuk mengenal Jez O’Hare. Jez adalah fotografer profesional yang spesial menangani foto udara/aerial di Indonesia. Karir fotografi Bono semakin tertantang berkat berbagai ilmu dan motivasi yang Jez sumbangkan kepadanya. Begitu juga kedekatannya dengan teman kuliah lannya yaitu Icha, seorang wedding fotografer telah memberikan banyak inspirasi positif dalam bidang fotografi Bono, terutama dalam hal pre-wedding fotografi. Adapun Cheese, seorang wedding fotografer professional memberi ide retouch pengolahan citra digital dan kemasan album.

Fotografi bagi Bono adalah suatu hobi yang bersifat personal karena hasil jepretan foto bisa menjadi suatu gaya khas yang menarik. Bono menghasilkan karya fotografi unik, dipadukan dengan kemampuan desain, foto-fotonya tidak hanya menarik bagi dirinya sendiri melainkan menarik bagi orang lain, termasuk orang yang tidak mengenal fotografi sekalipun. Pada akhir tahun 2006 Picas didirikan atas gagasan Bono

me2